Kecepatan Koneksi Internet Indonesia Meningkat 86%


 

Kuartal demi kuartal, rata-rata kecepatan koneksi global meningkat sebesar 5% atau menjadi 2,9 Mbps. 

Lebih jauh lagi, 98 negara/wilayah yang memenuhi kualifikasi juga mengalami kenaikan kecepatan internet dari kuartal ketiga 2012. Rata-rata berkisar dari 0,1% seperti yang terjadi di Belanda dan Luxemburg, hingga 23% di Pantai Gading.

Seiring bergantinya tahun, kecepatan koneksi rata-rata pun bertambah 25%. Di mana sembilan dari 10 negara teratas juga menunjukkan pertumbuhan dalam hal ini. Bahkan, hanya Belanda (3,3%), Hong Kong (5,4%) dan Jepang (19%) yang mengalami pertumbuhan di bawah 20% dari 2011 ke 2012.

Kecepatan koneksi puncak global rata-rata juga meningkat tiap kuartal sebanyak 4,6% atau menjadi 16,6 Mbps. Hong Kong lagi-lagi menjadi negara dengan kecepatan koneksi puncak tertinggi sebesar 57,5 Mbps, atau meningkat 6,2% dari kuartal sebelumnya.

Berdasarkan pengamatan Akamai (platform komputasi awan yang menyediakan layanan aman untuk setiap perangkat teknologi), pertumbuhan rata-rata kecepatan koneksi tiap tahun di Indonesia tercatat mencapai 86%, dengan koneksi puncak tiap kuartalnya meningkat sebesar 21% hingga 1,4 Mbps.
Dengan kata lain, tahun demi tahun, kecepatan koneksi puncak global rata-rata mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sebesar 35%.

Pemakaian broadband global (>4 Mbps) dan broadband tinggi (>10 Mbps) masing-masing meningkat sebanyak 2,7 dan 2,1%  dalam kuartal ini. Tingkat pemakaian broadband global sendiri naik sedikit menjadi 42%, sementara broadband tinggi tetap di angka 11%.

Kombinasi dari peningkatan ketersediaan broadband yang semakin banyak dengan kecepatan yang semakin tinggi tentunya akan memberi peluang bagi inovasi-inovasi yang lebih besar dalam pemakaian internet, baik pada skala bisnis maupun personal di seluruh dunia.
Sumber:  infokomputer

Post a Comment

0 Comments