2016, INDOSAT Siap luncurkan SATELIT PALAPA-E


 

 PT. Indosat Tbk (Indosat) siap meluncurkan satelit PALAPA-E di orbit slot 150.5° Bujur Timur (BT) tahun 2016 mendatang.
 
Adalah Orbital Sciences Corporation—salah satu perusahaan teknologi luar angkasa terkemuka di dunia—dari Amerika Serikat yang dipilih Indosat untuk bekerja sama dalam proses desain, produksi, sampai peluncuran satelit. 

Saat ini Indosat masih mengoperasikan satelit PALAPA-C2 di slot 150.5° BT dan satelit PALAPA-D di slot 113° BT (seperti pada gambar) melalui stasiun buminya di Jatiluhur, Jawa Barat. 


Alexander Rusli (Presiden Direktur & CEO Indosat) menuturkan, sejak tahun 1967 Indosat sudah menyediakan layanan telekomunikasi melalui jaringan satelit dan mencakup wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia. Oleh karena itu, rencana peluncuran satelit yang ditempatkan di orbit 150.5° BT merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mempertahankan aset negara Republik Indonesia terkait slot 150.5° BT. 


Sementara itu Mike Larkin (Executive Vice President and General Manager, Satellites and Space Systems Group, Orbital Sciences Corporation) menyatakan dukungannya terhadap Indosat. ”Kami yakin bahwa satelit GEOStar-2 dari Orbital adalah solusi yang optimal guna memenuhi kebutuhan satelit Indosat,” tuturnya. 


Rencananya satelit PALAPA-E ini akan memiliki kapasitas yang terdiri dari transponder C-band standard & extended serta transponder Ku-band (opsional). Satelit tersebut dirancang untuk meng-cover wilayah Indonesia, ASEAN dan Regional Asia Pasifik. Nantinya satelit ini juga akan menjadi bagian dari telekomunikasi tetap, maupun data tetap. 

Sumber:  http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/6257-indosat-siap-luncurkan-satelit-palapa-e

Post a Comment

0 Comments