Cara mengatasi masalah printer LQ-2180: hasil print loncat / bergeser tidak beraturan


Cara mengatasi printer Epson LQ-2180 ketika ngeprint dokument, tiba-tiba hasil printnya jadi kacau atau tidak teratur (loncat-loncat).

Adapun beberapa penyebab dan cara mengatasinya adalah:

1. Mekanik printer kotor ( besi as carriage unit/dudukan head kering ).
 cara mengatasi: bersihkan mekanik dari kotoran berupa sobekan kertas, sobekan pita ataupun debu yang menumpuk. Beri pelumas pada besi as carriage unit ( dudukan head ), jangan sembarang memberi pelumas, cobalah memakai pelumas yang baik contohnya oli singer

2. Head print nyangkut ke pita gara-gara headnya kotor.
Cara mengatasinya: bersihkan head dengan cara dibongkar jarumnya dan bersihkan dari kotoran berupa pita yang memenuhi jalur jarum head yang mengakibatkan jarum head seret ketika bergerak/ ngeprint. Semprot jarum head menggunakan contact cleaner, pakailah merk philips;

3. Motor Carriage / motor penggerak head, Ribbon cartridge, atau Ribbon Drive bermasalah/ rusak..
Cara mengatasinya: cobalah cek pergerakan headnya dengan cara digerakkan ke kiri dan ke kanan secara manual ( cabut dahulu kabel listrik dari sumbernya ), jika terasa berat kemungkinan motor head, Ribbon cartridge (pita) ataupun Ribbon drive (penggerak pita) bermasalah/ rusak.

4. Driver motor head di motherboard rusak.
Cara mengatasi: Jika masalah pada piont 3 kerusakkan tidak terdapat pada mekaniknya, kemungkinan masalah terdapat pada driver motor head yang  terdapat pada motherboard printernya. Coba ganti IC drivernya.

5. Masalah di Motherboard printer secara keseluruhan.
Cara mengatasinya: coba cek motherboardnya, kebanyakan printer LQ-2180 bermasalah diakibatkan oleh terkena kencing/ kotoran tikus yang mengakibatkan kinerja motherboard menjadi kacau akibat cairan/ kotoran tersebut. Biasanya bisa terlihat dengan adanya kencing/ kotoran tikus pada motherboardnya. Coba bersihkan dengan cara dicuci menggunakan air rinso layaknya kita mencuci biasa, agar memudahkan pergunakanlah kuas, lalu bilas dengan air sampai bersih, setelah itu keringkan dengan cara dijemur sampai kering, untuk mempercepat pengeringan pergunakanlah Hair Driyer.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi printer Epson LQ-2180 dengan permasalahan hasil print loncat atau tidak teratur. Mohon ma`af jika ada kekurangan / kesalahan dalam pengeditannya.

SEMOGA BERMANFA`AT.