Pengertian, Macam-macam dan Istilah-istilah VGA Card PC #1

A. Pengertian VGA Card
VGA Card ( Video Graphic Array Card) merupakan card yang digunakan untuk menghubungkan antara PC dengan monitor. Dalam pemasangannya pada motherboard harus disesuaikan dengan jenis slot yang terdapat pada motherboard.


B. Jenis-jenis VGA Card 
Adapun jenis VGA Card menurut jenis slotnya adalah:
  1. VGA Card jenis slot PCI
  2. VGA Card jenis slot AGP
  3. VGA Card jenis slot PCIe x1 (PCI Express x1)
  4. VGA Card PCIe x16 (PCI Express x16)


1. VGA Card PCI  



 2. VGA Card AGP

3. VGA Card PCIe x1


4. VGA Card PCIe x16


C. Istilah-istilah Pada VGA Card

  • GPU / Chipset
GPU ( Graphic Processing Unit ) atau chipset adalah sebuah unit processor yang memang harus bekerja untuk mengolah graphic sebuah komputer. Sehingga, pekerjaan processor komputer tidak akan terbebani oleh sebagian besar perintah yang berkaitan dengan proses graphic komputer. Jenis chipset yang digunakan pada video card akan mempengaruhi beberapa hal yang sangat penting. Seperti Core Clock Speed, Memory Clock Speed, dan Ramdac Clock Speed. Dua produsen terbesar untuk chipset VGA Card sekarang adalah nVIDIA dengan seri GeForce-nya serta ATI dengan seri Radeon-nya.

  • Core Clock 
Core Clock pada VGA Card adalah kecepatan yang dimiliki oleh processor dari VGA Card itu sendiri. Yaitu: jumlah putaran yang mampu dilakukan oleh processor graphic adapter dalam satu detik. OLeh sebab itu, nilai core clock selalu tertulis dengan satuan nilai MHz. Semakin tinggi nilai clock speed-nya, maka kerja VGA yang digunakan akan semakin cepat.

  • Memory Clock 
Memory Clock adalah kecepatan yang dimiliki oleh RAM pada VGA Card dalam mentransfer data dari/ke processor VGA Card. Semakin cepat nilai memory Clock maka proses graphic akan berjalan semakin cepat pula. Nilai memory Clock berupa satuan MHz, yang berarti jumlah putaran dalam satuan detik.

Bersambung....




Post a Comment

0 Comments