Misteri Dibalik Wallpapper BLISS Windows XP



Windows XP support sudah berakhir April ini. Tetapi kisah menarik di balik sistem operasi legendaris itu malah diumbar Microsoft. Mereka memublikasikan sebuah video yang mengungkap kisah di balik wallpaper Windows XP yang berjudul Bliss.

FOTO ASLI HASIL JEPRETAN




FOTO SETELAH DIEDIT
Bagi Anda yang punya atau pernah menggunakan sistem operasi Windows XP tentu tidak asing dengan gambar di atas bukan? Wallpaper atau desktop image bernama Bliss ini pasti terpampang saat Windows XP sedang proses booting.
Bliss menampilkan gambar pemandangan indah nan langka berupa hamparan bukit hijau dengan langit biru cemerlang dan gurat-gurat awan seputih kapas. Foto yang dinilai ikonik itu rupanya hasil jepretan tangan dingin fotografer Charles O’Rear.
“Gambar itu diambil dekat rumah saya, di utara San Francisco,” ungkap O’Rear, mantan fotografer National Geographic ini. Saat itu musim dingin di tahun 1996,  ia tengah berkendara dari Napa dan Sonoma County menuju Marin County, Califonia.
Melihat pemandangan luar biasa cantik itu, Charles memutuskan untuk berhenti di bahu jalan Highway 121, menyelipkan kamera medium format miliknya melalui pagar kawat, dan menjepret apa yang tampak di hadapannya itu.
Banyak orang mengira, Bliss adalah hasil olahan digital. Para blogger berspekulasi tentang lokasi pemotretan Bliss, mulai dari Perancis, Inggris, North Otago (Selandia Baru), sampai South West Kerry di Irlandia. Adapula yang menduga Bliss adalah montase dari beberapa foto berbeda. Bahkan, saking sempurnanya, para engineer di Microsoft sempat menduga Bliss adalah hasil manipulasi digital.
Namun dalam video yang dipublikasikan Microsoft, Charles O’Rear memastikan bahwa Bliss benar-benar buah karya tangan dinginnya. “Foto itu benar-benar asli, bukan hasil (olahan) Photoshop. What you see is what you get,” ceritanya. Dan hasil karyanya itu diganjar Microsoft dengan sejumlah besar uang yang dilukiskan Charles sebagai “extraordinary” alias luar biasa.
Namun waktu telah berlalu bagi Bliss dan Windows XP. Microsoft pun telah merilis penggantinya, yakni Windows 7 dengan gambar wallpaper yang berbeda. Charles O’Rear sebenarnya ingin menawarkan foto yang lain kepada Microsoft, tetapi menurut fotografer yang pernah tinggal dan memotret selama 1 tahun di Indonesia itu, Bliss-lah yang akan diingat banyak orang bahkan lebih banyak daripada foto karya fotografer lainnya.
Berapa jumlah orang yang  mungkin memiliki relasi nostalgia dengan Bliss? Windows XP adalah sistem operasi terpopuler kedua di dunia, dan sepertiga dari jumlah komputer di seluruh dunia—atau sekitar 500 juta PC—masih menjalankan Windows XP. Di antaranya bersemayam di mesin ATM, mesin pompa bensin, komputer di kantor-kantor pemerintahan, bahkan power grid. Untuk melihat videonya:  Klik Di Sini