Microsoft Demokan Windows Phone 8.1





Pada acara tahunannya, Build 2014, Microsoft mendemokan Windows Phone 8.1 yang memiliki codename Blue. Salah satu feature yang diunggulkan adalah Cortana, sebuah personal assistant yang mirip dengan Apple Siri dan Google Now.

Setelah dua tahun pengembangan, Cortana saat didemokan kemarin masih dalam versi beta. Pengguna dapat berinteraksi dengannya baik melalui pengetikan maupun suara. Cortana menggunakan suara wanita, yaitu Jen Taylor, sama dengan suara pada game Halo. Menggunakan fasilitas search Bing, Cortana diklaim Microsoft lebih bagus daripada Apple Siri maupun Google Now. Cortana dapat mempelajari kebiasaan-kebiasaan penggunanya.

Cortana juga akan diintegrasikan dengan Skype dan aplikasi Microsoft lainnya. Microsoft juga membuka Cortana sehingga developer pihak ketiga dapat mengintegrasikan aplikasi dengannya.

Update Windows Phone 8.1 lainnya adalah personalisasi start screen. Gambar latar belakang start screen dapat diubah oleh pengguna, sehingga gambar tersebut akan muncul sebagai latar belakang tile-tile Windows Phone. Jumlah kolom untuk tile juga ditambah. Kalau sebelumnya kolom ketiga hanya untuk layar 5-inci atau lebih, sekarang layar ukuran berapa pun bisa menampilkannya. Ada opsi untuk menampilkan dan menonaktifkannya.

Selain live tile – yaitu tile yang menyajikan informasi terkini dari aplikasi – sekarang pada Windows Phone 8.1 juga ditambah dengan Action Center yang menyajikan notifikasi dari aplikasi apa saja. Action Center juga dapat diatur sehingga pengguna dapat mengakses setting yang sering dipakai secara cepat seperti Wi-Fi, Flight Mode, Bluetooth, dan Rotation Lock.

Keyboard juga termasuk yang ditingkatkan kemampuannya. Keyboard dapat mempelajari gaya penulisan penggunanya dan juga tahu nama orang di kontak milik pengguna. Itu semua untuk mempercepat pengetikan.

Skype sekarang diintegrasikan dengan phone dialer sehingga percakapan telpon dapat dipindah menjadi video call dengan men-tap satu tombol. Integrasi juga dengan Cortana, sehingga Cortana dapat digunakan untuk setup panggilan di dalam Skype.

Penyempurnaan feature lainnya berkaitan dengan kalender, album foto, kamera, dan Wi-Fi. Feature baru selengkapnya dapat dilihat di blog resmi Microsoft.

Windows Phone 8.1 dikatakan Microsoft akan tersedia bersamaan dengan peluncuran smartphone baru akhir April atau awal Mei.