Mengatasi komputer Over Heat Processor

Permasalahan yang sering terjadi pada komputer adalah over heat processor, maksudnya adalah processor mengalami panas yang berlebihan,



ketika hal ini terjadi maka komputer akan mati secara tiba-tiba, ini dikarenakan suhu panas yang berlebihan, karena di dalam setting Bios sudah terdapat setting " Shutdown Temperature ", yang artinya komputer akan mati pada suhu maximum, seperti gambar di bawah ini komputer akan mati pada suhu panas mencapai 110 derajat



Adapun yang menjadi penyebab processor mengalami suhu panas berlebihan biasanya disebabkan karena:

  1. COLLER / KIPAS PENDINGIN PROCESSOR BERMASALAH, bisa rusak atau berputarnya tidak normal dikarenakan kotor karena debu. Jika ini yang terjadi maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara membersihkannya ( memerlukan tenaga professional untuk melakukannya). Jika COLLER tidak berputar sama sekali, kemungkinan COLLER tersebut rusak atau mungkin tidak ada supply tegangan untuk COLLER yang disebabkan karena kerusakkan pada MOTHERBOARD, untuk memastikan COLLER berfungsi atau tidak, dengan cara memindahkan soket kabel COLLER ke tempat yg lain ( biasanya di MB terdapat beberapa tempat untuk COLLER --> CPU FAN, CHASSIS FAN ).
  2. HEATSINK kotor karena debu yang menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Atau Heatsink tidak menempel secara sempurna ke processor, hal ini terjadi karena pasta pelekat antara heatsink dan processor sudah kurang bagus atau mungkin posisinya bergeser diakibatkan getaran pada CPU.
  3. OVER CLOCKING PROCESSOR di bios, hal ini biasanya dilakukan untuk menaikkan kecepatan processor, misalnya dari 1,7GHz  ke  2GHz, memang bisa meningkat tetapi justru hal ini akan memicu suhu processor lebih panas, dan jika terlalu  panas maka  komputer akan mati tiba-tiba  ( Innalillahi....). Over Clocking biasanya dilakukan di Seting Bios, pada gambar di bawah ini adalah setting processor pada posisi normal.


Dan masih banyak lagi penyebab processor over heat yang tidak bisa saya jabarkan satu persatu diantaranya: tegangan tidak normal, kondisi beberapa komponen sudah jelek seperti ELCO yang kering atau bocor dan masih banyak lagi, tetapi penyebab yang umum atau sering terjadi adalah seperti point di atas.

Demikian sharing dari saya, mohon ma'af jika masih banyak kekurangan.

S E M O G A   B E R M A N F A ' A T

Post a Comment

1 Comments