Mengatasi komputer yg tidak ada tampilan (HANG)

Kali ini saya akan sharing mengenai tips mengatasi CPU yang hang (tidak ada tampilan), adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Periksa RAM/ Memory komputer, biasanya kendor (tidak terpasang sempurna ), kotor, ataupun memang rusak. Cabut dulu RAM nya, bersihkan dengan cara memakai penghapus karet pada kaki konektor RAM, kemudian pasang kembali, jika terdapat 2 RAM coba pakai salah satunya, terkadang kotor/rusak salah satunya. Jika setelah dibersihkan masih tetap, kemungkinan RAM bermasalah/ rusak .
  2. Periksa bagian VGA, jika terdapat 2 VGA ( onboard & Slot/external ), coba cabut dulu yang Slot/externalnya, tes langsung ke VGA onboardnya, atau sebaliknya jika hanya onboard saja, coba tes memakai VGA slot/external.
  3. Periksa bagian Power Supply (PSU), terkadang PSU seolah2 bagus jika dilihat dari kondisi CPU yang nyala, padahal PSU tersebut bermasalah, biasanya karena kekurangan Daya/ Tegangan ( drop ).
  4. Jika langkah 1-3 masih belum berhasil, cobalah langkah yg ke-4 ini,  coba reset Biosnya dengan cara memindahkan jumper CMOS pada Motherboard, CARANYA : pindah jumper dari pin 1-2 ke pin 2-3, lalu nyalakan CPU, biasanya pada saat dinyalakan CPU tidak akan menyala sama sekali, ini dikarenakan bios sedang direset, setelah itu cabut dulu kabel power yg terhubung ke sumber listrik lalu kembalikan jumper yang tadi ke posisi 1-2, lalu nyalakan CPU.
  5. Jika langkah 1-4 masih juga belum berhasil, kemungkinan kerusakan pada Motherboard atau processor, cobalah langkah yang ke-5 ini:   HUBUNGI / BAWA KE BENGKEL TERDEKAT !

Sekian sharing dari saya, mohon ma'af jika banyak kekurangan, maklum masih dalam tahap belajar.  


T E R I M A    K A S I H.

S E M O G A     B E R M A N F A ' A T.


Post a Comment

1 Comments