Perbedaan antara core duo , core2duo dan quad core


Teman-teman kali ini saya mau sharing tentang processor  core duo, core2duo & quad core, bagi yg sudah tahu gpp kan diingatin lagi....

Bagi teman2 yang masih bingung membedakan jenis spesifikasi processor antara dual core, core2duo, dan quad qore  , di sini saya akan coba sedikit  menjelaskan pengertian dan spesifikasi dari masing2 processor yang saya dapat dari paman google.

Apa sih yang dimaksud dengan core ?

Core itu adalah penamaan lanjutan dari pentium, dengan kata lain pentium berakhir di pentium 4. Penamaannya diganti dengan “CORE” karena emang yang berubah cenderung bukan pada kecepatan proc memproses data, tapi efektifitas dan efisiensi. Contoh jelasnya adalah, kita melalui jalan yang sama, pada teknologi pentium yang menjadi pusat pengembangan adalah besarnya jalan dan kecepetan proses data, sebaliknya teknologi core cenderung ke efektifitas penggunaan jalan, contohnya jalan dibagi 2 (teknologi dual, duo, 2 duo) sehingga data yang diproses lebih efektif dan efisien.

Pada teknologi dual, sebuah proc punya 2 inti akan tetapi belum efisien dalam penggunaan daya listrik dan hanya bekerja pada OS yang berbasis 32 bit. Dual core habis-habisan dibantai AMD X64.

Intel nggak mau kalah, maka keluarlah Core2Duo. 2 keping inti dalam 1 proc yang berjalan sendiri2. Tepatnya, inilah yang membedakan teknologi DualCore dan Core2Duo.

Centrino adalah teknologi mobilenya intel. Kelebihannya adalah penghematan daya, power savernya bertingkat, beda dengan yang bukan versi mobile (centrino). Hasilnya, AMD mati kutu dengan proc c2d, yang bisa 32 bit n 64 bit dengan efisiensi dan efektifitas yang melebihi AMD.

Sejak kekalahan tersebut, AMD sekarang mengembangkan teknologi penggabungan antara CPU dan GPU. GPU ntu grafis, sehingga grafis dan olah data berada di satu tempat, namun hingga kini belum ada kejelasan tentang teknologi tersebut. Lalu bagaimana membedakan istilah Dual core,CoreDuo,Core2Duo, dan Quad Core. Mungkin sebagian orang dibuat bingung dengan istilah-istilah tersebut, bahkan gak tau akan perbedaan diantaranya, untuk itu saya akan coba jelaskan.

Dual Core 
Dual Core merupakan sebuah nama teknologi processor berarsitektur dua inti atau juga disebut 2 otak , bukan sebuah jenis atau merek dari prosesor, Dual core bisa juga diartikan 2 prosesor yang digabung menjadi satu prosesor.

Teknologi Dual Core menghasilkan:

  • Intel : Intel Pentium D, Intel Celeron Dual Core, Intel Pentium dual core (Intel Core Duo), Intel Core 2 Duo.
  • AMD : AMD turion.

Intel Pentium dual core dan Intel Core2Duo pada dasarnya sama-sama menggunakan arsitektur dual core namun yang membedakan adalah spesifikasi yang ditawarkan (intel pentium intel core2duo lebih tinggi dibanding dengan Dual core segi FSB dan L2 Chace).



Quad Core
Quad Core juga merupakan sebuah teknologi prosesor bila prosesor dual core diibaratkan memiliki 2 otak, maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus.

Teknologi Quad Core menghasilkan:
  • Intel =Quad Core,Core 2 Quad(gabungan dari core 2 duo)
  • Amd = Amd Phenom x4


Sekian dulu sharing kali ini, untuk yang lainnya akan saya jelaskan di postingan berikutnya, mohon ma'af jika ada kesalahan dalam postingan ini,,, semoga bermanfaat.

Post a Comment

2 Comments