Cara Kerja Google Penelusuran


Bagaimana cara kerja Google? Berikut ini penjelasan singkat dan panjangnya.

Google mendapatkan informasi dari berbagai sumber, termasuk:

  • Halaman di Internet,
  • Konten yang dikirim pengguna seperti kiriman pengguna Google Bisnisku dan Maps,
  • Pemindaian buku,
  • Database publik di Internet,
  • dan banyak sumber lainnya.

Namun, halaman ini difokuskan pada halaman di Internet.


Penjelasan singkat

Google mengikuti 3 langkah dasar untuk menampilkan hasil dari halaman:


1. Crawling

Langkah pertama adalah mencari tahu halaman apa yang ada di web. Tidak ada registry pusat untuk semua halaman web, sehingga Google harus terus-menerus menelusuri halaman baru dan menambahkannya ke daftar halaman yang dikenal. Beberapa halaman sudah dikenal karena telah dikunjungi Google sebelumnya. Halaman lain akan ditemukan saat Google mengikuti link dari halaman yang dikenal ke halaman baru. Selain itu, halaman lain akan ditemukan saat pemilik situs mengirim daftar halaman (peta situs) untuk di-crawl oleh Google. Jika Anda menggunakan host web terkelola, seperti Wix atau Blogger, host web tersebut mungkin memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang Anda buat.

Setelah Google menemukan URL halaman, Google akan mengunjungi atau meng-crawl halaman untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Google akan merender halaman dan menganalisis konten teks, non-teks, serta tata letak visual secara keseluruhan untuk menentukan tempat halaman ditampilkan dalam Hasil penelusuran. Semakin baik Google memahami situs Anda, semakin baik kami dapat mencocokkannya kepada orang yang mencari konten Anda.

Untuk menyempurnakan crawling situs:

  • Verifikasi wa Google dapat menjangkau halaman di situs Anda, dan pastikan halaman tersebut sudah terlihat benar. Google mengakses web sebagai pengguna anonim (pengguna tanpa sandi atau informasi). Google juga harus dapat melihat semua gambar dan elemen lainnya pada halaman agar dapat memahaminya dengan benar. Anda dapat melakukan pemeriksaan cepat dengan mengetikkan URL halaman Anda pada alat uji untuk Mobile-Friendly.
  • Jika Anda sudah membuat atau memperbarui satu halaman, Anda dapat mengirimkan setiap URL ke Google. Untuk memberi tahu Google tentang banyak halaman baru atau yang diperbarui sekaligus, gunakan peta situs.
  • Jika Anda meminta Google untuk meng-crawl satu halaman saja, pastikan halaman tersebut adalah halaman beranda Anda. Halaman beranda Anda adalah halaman paling penting di situs Anda, sejauh yang diperhatikan Google. Untuk mendorong crawling situs yang lengkap, pastikan halaman beranda Anda (dan semua halaman) berisi sistem navigasi situs yang bagus yang ditautkan ke semua bagian dan halaman penting di situs Anda. Tindakan ini akan membantu pengguna (dan Google) dalam menjelajahi situs Anda. Untuk situs berskala lebih kecil (kurang dari 1.000 halaman), cukup pastikan Google mengetahui halaman beranda Anda saja, asalkan Google dapat menjangkau semua halaman lainnya dengan mengikuti jalur link yang dimulai dari halaman beranda Anda. 
  • Tautan halaman Anda ke halaman lain yang sudah diketahui Google. Namun, perhatikan bahwa link di iklan, link yang Anda bayar untuk ditempatkan di situs lain, link di komentar, atau link lain yang tidak mengikuti Pedoman Webmaster Google tidak akan diikuti oleh Google.

 

2. Pengindeksan

Setelah halaman ditemukan, Google akan mencoba memahami apa yang ada di halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan. Google akan menganalisis konten halaman, membuat katalog gambar dan file video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan di indeks Google, sebuah database besar yang disimpan di banyak (sangat banyak) komputer.

Untuk menyempurnakan pengindeksan halaman:

  • Buat judul halaman yang pendek dan bermakna.
  • Gunakan judul halaman yang menyampaikan subjek halaman.
  • Gunakan teks untuk menyampaikan konten, bukan gambar. (Google dapat memahami sebagian gambar dan video, tetapi tidak sebaik memahami teks. Setidaknya beri keterangan pada video dan gambar dengan teks alternatif dan atribut lain yang sesuai.)

 

3. Penayangan (dan pemberian peringkat)

Saat pengguna mengetik kueri, Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel reparasi sepeda" bagi pengguna di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Bangkok. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.

Untuk menyempurnakan penayangan dan pemberian peringkat:

  • Buat agar halaman Anda dapat dimuat dengan cepat, dan mobile-friendly.    
  • Isi halaman Aa dengan konten yang berguna dan pastikan konten tersebut tetap relevan.
  • Ikuti Pedoman Webmaster Google, yang membantu memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas.
  • Baca tips dan praktik terbaik lainnya di panduan memulai SEO.
  • Anda dapat menemukan informasi selengkapnya di sini, termasuk panduan yang kami berikan bagi penilai kualitas untuk memastikan bahwa kami memberikan hasil yang berkualitas.

Post a Comment

0 Comments