TUTORIAL Instalasi Windows XP

 TUTORIAL Instalasi Windows XP


Berikut ini adalah langkah-langkah menginstall PC/Laptop memakai operasi sistem Windows XP ( SP1, SP2 ataupun SP3 ):

Sebelum melakukan proses instalasi windows XP alangkah baiknya anda mempersiapkan:
- CD windows XP (disarankan memakai ORIGINAL) yang masih bagus.
- CD key ( serial number ) jika anda memakai windows yang memakai serial number.
- Satu gelas kopi hitam supaya tidak mengantuk (karena jika anda tertidur pada saat menginstalasi, prosesnya akan memakan waktu yang lama,,, bercanda he he...)

Langkah awal adalah mengubah Boot Priority yang ada di BIOS pada komputer dengan cara:
pada saat pertama kali booting (nyala) tekan Delete, F2, atau F10 ( atau tergantung perintah yang ada di tampilan komputer ). Pada BIOS SetUp, cari menu yang berhubungan dengan Boot Priority jadikan First Boot Device: CDROM/DVDROM  (jika anda memakai media CDROM untuk instalasinya ), jika anda memakai device lain seperti USB CDROM, FLASHDISK ataupun via LAN (jaringan) tinggal disesuaikan saja.


Dan berikut adalah langkah langkah menginstalsi windows XP:
1. Tunggu sampai ada tulisan Press any key to boot from CD.. maka tekan sembarang tombol pada keyboard ( harus cepat, jangan sampai terlewat karena hanya tampil beberapa detik saja)

2. Maka akan muncul Windows Setup seperti gambar dibawah ini (biarkan/tunggu beberapa menit/jangan menekan tombol jika anda menginstall windows untuk yang pertama kali)
 

 3. Pada saat itu file-file dari CD sedang di load ke komputer


4. Setelah itu ada tiga pilihan Instalasi, Enter untuk menginstal Windows XP, "R" untuk Repair Windows XP yang sebelumnya sudah terinstal, dan F3 untuk keluar dari proses istalasi. Tekan Enter jika anda menginstall untuk yang pertama kalinya:

5. Akan ada Windows XP Licensing Agrement, tekan saja F8 ( anggap saja anda setuju dengan peraturan tersebut, karena saya pribadi malas untuk membacanya...)

6. Selanjutnya proses Pastisi Harddisk, ukuran/kapasitas dan jumlah partisi terserah anda.
Perhatian : "jika sebelumnya sudah terinstal Sistem Operasi, hapus dulu partisi sistemnya kemudian baru tentukan lagi partisinya. jika tidak maka sistem operasi akan menumpuk (jadi ada 2 windows)"
pada gambar di bawah partisi harddisk hanya ada satu partisi.

7. Kalo mau langsung menginstal, tekan Enter, tapi kalo mau membagi partisi, tekan C. maka akan tampil pembagian partisi seperti gambar dibawah ini (pembagian dalam satuan MB. contoh : jika ingin 25 GB, maka  ditulis 25000 MB).
 

8. Jika sudah, tekan Enter pada partisi yang anda inginkan ( instalasi pada partisi C )


9. Maka akan muncul pilihan format partisi (saya sarankan pilih yang Quick, karena prosesnya lebih cepat). Ket : FAT untuk harddisk kurang dari 10 GB dan NTFS untuk harddisk lebih dari 10 GB.

10. Lalu proses format berlangsung seperti gambar di bawah ini.
 

11. Setelah itu, proses penyalinan file instalasi dari cd. 


12. Setelah proses penyalinan selesai, komputer akan restart otomatis. untuk mempercepat restart, anda bisa langsung tekan Enter. ( pada saat restart akan muncul tulisan press any key to boot from cd seperti langkah yang pertama tadi,,,biarkan saja / jangan menekan tombol, karena akan masuk lagi ke proses seperti langkah yang ke-2 )

13. Lalu akan muncul tampilan Grafik Windows XP seperti gambar dibawah ini.

14. Setelah itu akan muncul proses instalasi berbasis grafik seperti gambar dibawah ini,
 

15. Klik Next untuk melanjutkan:

 

16. Isikan Nama (nama komputer sesuai keinginan anda/ bebas ), Organisai ( juga terserah anda/bebas)  lalu klik Next:



17. Isikan serial number yang sudah anda siapkan tadi, lalu klik Next: 

 

 18. Computer name (akan terisi secara otomatis, karena pd langkah 16 sudah diisikan), lalu untuk Administator Password (isikan sesuai keinginan anda (isi password yg orang lain sulit untuk menebak, tapi mudah diingat oleh anda), lalu confirm paswordnya untuk menyocokkan password yg pertama tadi), kosongkan jika anda tidak mau mengisinya, klik Next:

 
 19. Sesuaikan Date & time ( sesuai tanggal dan jam pada saat proses instalasi ), lalu Time Zone ( sesuaikan dengan wilayah waktu lokasi anda berada ), lalu Next:

20. Kemudian ikuti langkah-langkahnya sampai pada bagian restart. tekan OK untuk langsung restart seperti gambar dibawah ini.

21. Dan akan muncul lagi jendela Windows XP seperti gambar dibawah.

22. Akan mucul tampilan grafik Welcome to Microsoft Windows dan klik Next.
 

23. Dan pada bagian Help Protect Your PC sebaiknya pilih Not Right Now, klik Next:

24. Jika ada perintah mengisikan user name, isikan sesuai keinginan anda, jika ingin beberapa pengguna, isikan dua atau lebih usernya, Lalu tinggal Next terus... Sampai muncul jendela Welcome
 

25. Dan akhirnya muncul tampilan dekstop Windows XP seperti gambar dibawah ini, ini berarti instalasi telah berhasil....( Selamat..!! )


26. Lalu proses selanjutnya anda tinggal menginstal CD Driver Hardware sesuai spesifikasi komputer anda dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya, sepert:i Microsoft Office, Adobe Reader, Winrar, Antivirus dll sesuai kebutuhan anda.

SELAMAT MENCOBA & SEMOGA BERMANFA'AT.

Post a Comment

0 Comments