Cara Mengembalikan Data Hilang

Cara Mengembalikan Data Hilang

 
Cara mengembalikan data/ file yang hilang terhapus, terformat, atau terkena virus di Flashdisk, Memory Card, ataupun di Harddisk anda, adalah dengan cara merecoverynya menggunakan software Power Data Recovery (PDR).

Adapun langkah-langkahnya adalah sbb:
  • Download dan install program PDR, untuk download: DI SINI
  • Setelah tahap 1 selesai, jalankan applikasinya, Pilih salah satu menunya sesuai kebutuhan anda, pada umumnya pilih Deep Scan Recovery
  


  • Lalu pilih Drive yang akan direcovery di mana posisi file yang hilang tersebut berada, lalu tekan Recover



  • Pilih format file yang akan direcovery sesuai kebutuhan anda, sebagai contoh di sini akan merecovery file Office, centang pada ceckbox di menu, lalu OK.


  • Lalu akan muncul proses recovery, ini akan memakan waktu sesuai kapasitas Drive dan file yang akan direcovery.


  • Setelah  proses recovery selesai, pilih partisi drive yang telah direcovery, lalu klik Show Files




  • Maka akan muncul file-file yang berhasil direcovery, nama file memang tidak akan sesuai dengan nama file Masternya dan akan berubah nama menjadi: recover_1 atau recover_2 dst. Pilih (ceklist) pada file yang akan disimpan, klik save file, buat folder khusus supaya anda mudah mencarinya, contoh saya buat folder : D:\BACKUP PDR, lalu OK.
  



  • Untuk mengecek, silahkan lihat  Folder tempat menyimpan file yang telah direcovery tadi, lalu jangan lupa setelah membuka filenya ganti nama filenya supaya tidak kebingungan pada saat ingin membukanya lagi, karena nama file yang direcovery tadi tidak sesuai dengan nama file Master ( file sebelum hilang ), tetapi isi file 95% utuh.



  • Selesai sudah proses recovery data/ file yang telah hilang tersebut. Tidak semua file/data bisa direcovery ( dikembalikan ) setelah terhapus/ terformat ataupun terkena virus, tergantung dari kondisi Hardware ataupun umur file yang hilang tersebut.

CATATAN :
  1. Backup data/file untuk di media (lokasi penyimpanan) lain ( Harddisk, Flashdisk atau DVD )
  2. Jika data/file hilang terhapus/terformat, jangan dulu mengisi file atau  data di Hardisk/ Flasdisknya, segera lakukan seperti langkah di atas, karena jika Hardisk/ Flashdisk tempat hilangnya file tersebut terisi data/ file baru, maka dikhawatirkan akan menimpa track di mana sebelumnya file yang hilang tadi berada, maka ketika direcovery tidak akan terbaca.
  3. Jangan sekali-kali menyimpan data/ file di Harddisk, Flashdisk atau Memory Card yang bersifat pribadi, karena walaupun sudah dihapus/ diformat, tetapi masih bisa dicari (direcovery/dikembalikan) lagi, namun jika sudah terlanjur, lakukan formatting pada media penyimpanannya dengan menggunakan Low Level Format ( jangan Quick Format ), atau menggunakan Partisi Magic, dengan cara Delete/ Format Partisi lalu lakukan pilihan Destroy Data !. Untuk Download Partisi Magic bisa didownload:  DI SINI
  4. Lebih baik mencegah daripada Mengobati.... 

Demikan postingan kali ini, mohon ma'af jika ada kesalahan atau kekurangan dalam pengeditannya, Selamat Mencoba !

Post a Comment

0 Comments